Bangun JUT untuk Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

TINGKATKAN EKONOMI PEDESAAN : Sejumlah masyarakat sedang melakukan pembangunan jalan pavingisasi menuju area pertanian.

Tambakrejo – Untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan pedesaan, Pemerintah Desa (Pemdes) Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, membangun sarana prasarana masyarakat, yaitu pavingisasi Jalan Utama Tani (JUT) turut wilayah RT 02 desa setempat.

Selain menuju area pertanian, jalan sepanjang kurang lebih tiga kilo meter tersebut juga dapat tembus di jalan proyek Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang masuk wilayah Dusun Jambaran, Desa Kaliombo, Kecamatan Purwosari.

Kepala Desa (Kades) Dolokgede, Nunuk Sri Rahayu, mengatakan, pembangun jalan menuju pertanian tersebut dilakukan untuk melancarkan aktivitas petani.

“Jalan Usaha Tani tersebut saya bangun pakai Dana Desa (DD) dengan panjang 201 meter lebar 2,9 meter,” kata Kades Nunuk Sri Rahayu, kepada kabardolokgede.com, melalui pesan WhatsApp, Kamis (7/3/2019).

Di harapkan dengan dibangunnya JUT ini dapat menunjang peningkatan ekonomi kerakyatan pedesaan. Karena petani lebih mudah untuk mengangkut hasil panennya maupun aktivitas lain.

“Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan melancarkan arus lalu lintas yang ada,” imbuhnya.

Terpisah Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dolokgede, Muhammad Ali mengaku, belum faham dengan adanya pembangunan jalan menuju area pertanian tersebut.

“Saya belum tahu persis, karena yang saya ketahui anggaran DD saat ini belum cair, mungkin ditalangi dulu kali sama
Desa,” tutur pria yang getol meningkatkan usaha ternak sapi ini.

Senada diungkapkan Kepala Dusun (Kasun) Dolokgede, Karyono. Pria berkumis tebal ini mengaku, juga tidak mengetahui adanya sumber dana yang dibuat untuk membangun JUT tersebut. Karena belum diajak rebukan terkait pembangunan yang berada diwilayahnya.

“Saya belum diajak rembukan masalah pembangunan. Jadi tidak tahu juga untuk pembangunan jalan menuju area pertanian itu,” ujarnya (mad)

222 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *